Semiotika Pada Benda Sehari-Hari (Kamera)

 Assalamualaikum Wr.Wb, Salam sejahterah untuk kita semua.

Disini saya ingin membagikan tentang benda kesayangan saya yaitu kamera DSLR dengan ilmu Semiotika.

Sebelumnya mari kita ketahui apa itu ilmu Semiotika

Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang makna dari tanda, dengan menyertakan adanya mitos dan metafora yang bersangkutan dengan tanda tersebut. Konsep-konsep dasar dari semiotika yang dicetuskan oleh Ferdinand de Saussure ini meliputi tanda/simbol, kode, maka, mitos, dan metafora.



Kembali lagi kepada benda kesayangan saya yaitu kamera, kenapa kamera menjadi benda kesayangan saya? karena benda kecil itu yang bisa mengabadikan suatu kejadian/moment dimana tidak akan mungkin terjadi lagi (sama persis kejadiannya). Yak saya suka sekali mengabadikan suatu moment entah itu yang lucu,bahagia,sedih ataupun hanya sekedar moment yang mungkin bagi orang lain terlihat biasa saja.

Kamera ini saya dapatkan sebagai kado di ulang tahun saya yang ke 19Th, saya dan keluarga saya pergi bersama ke Pasar Baru, Jakarta Pusat pada pagi hari dengan menaiki KRL Commuter Line. Kami berangkat dari stasiun bogor lalu berhenti di stasiun Sawah Besar dan melanjutkan perjalanan ke Pasar Baru dengan berjalan kaki.

Ketika sampai di Pasar Baru kami tidak langsung ke toko kamera, melainkan pergi ke toko baju barang bekas atau kita sekarang mengenalnya dengan istilah thrifting. Mengapa demikian? karena sebenarnya itu kedua kali kami pergi ke Pasar Baru yang mana kunjungan pertama kali untuk berbelanja baju thrift, dan mama saya kecanduan karna tergiur dengan model yang sangat unik & cantik tetapi dengan harga yang jauh dari harga baru haha. Skip setelah berbelanja kami langsung pergi ke beberapa toko kamera untuk menanyakan type kamera yang saya inginkan tetapi jarang sekali toko disana yang memiliki type yang saya mau, itu bukan tanpa sebab karena type kamera yang saya inginkan adalah kamera keluaran tahun lama yaitu 2010. Setelah mencari keliling toko kamera bahkan sampai berpindah-pindah gedung kami pun menemukan toko yang menjual type kamera yang saya mau dan dengan harga yang cocok, tanpa basa-basi langsung negosiasi dengan koko penjual hingga kami mendapatkan kesepakatan yang pas.

Hari pun sudah sore, kami sekeluarga bergegas keluar toko dan mencari makanan karena belum makan sedari tadi keliling dari toko baju sampai dengan toko kamera. Tidak lupa saya mencoba kameranya dan mengambil foto bersama dengan kamera saya (ini memang aga aneh mengambil foto dengan hp padahal punya kamera haha) itu menjadi foto kenangan yang sangat berharga untuk saya dan perjalanan pulang sampai dengan rumah tidak berhenti membuat saya tersenyum lebar dan berterimakasih kepada keluarga saya.

Kamera saya adalah sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari–hari. Pada element sign (tanda) kita isi dengan nama objeknya yaitu “kamera”. pada element object (objek) kita isi dengan bendanya atau objeknya yaitu kamera. Pada element interpretant (tafsiran) kita isi dengan tafsiran kamera  yang biasanya adalah fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai alat mengabadikan suatu hal.

Mungkin segitu saya cerita saya tentang benda kesayangan saya, terimakasih untuk pembaca yang sudah menyempatkan waktunya, Have A Nice Day >_<


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman estetis dan mitos dari lagu JVKE - Golden Hour

Review 20 Jurnal Analisis Semiotika Ferdinand De saussure

Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Terhadap Efek Film Anime One Piece : Red Terhadap Remaja Dewasa Yang Menontonnya